Cara Mengecat Interior Rumah Minimalis

Rumah Wiki memberikan tips bagaimana cara mengecat dinding interior rumah minimalis. Banyak faktor yang mempengaruhi nilai keindahan sebuah rumah ideal minimalis, salah satunya adalah memilih cat untuk rumah minimalis.

Mengecat dinding rumah termasuk gampang-gampang susah ketika dikerjakan. Salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam mengecat rumah minimalis adalah kualitas dan model dinding itu sendiri. Jika kualitas dinding kurang baik, biasanya hasil mengecat rumah akan berbentuk belang-belang bahkan ada yang bergelembung.

Sebelum mengecat interior rumah minimalis, kita harus memastikan dinding sudah kering sempurna yang biasanya memakan waktu sekitar 1 (satu) bulan sehingga dinding rumah benar-benar kering.

cat rumah minimalis

Namun proses pengeringan ini bisa berjalan lebih cepat bila didukung beberapa faktor, seperti panas matahari yang cukup dan ventilasi yang baik. Kualitas dinding juga sangat dipengaruhi oleh faktor material penyusunnya, seperti semen dan pasir, komposisi adukan yang tepat, cara pengerjaan, kondisi lapangan, dan cuaca saat itu.

Cara mengecat rumah minimalis dengan cara unik klik disini.

Pernahkah menemukan pada dinding di rumah tanda-tanda adanya keretakan atau dinding yang bergelembung beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut antara lain Usia, Kualitas pembangunan, Air, Akar, Tanah, Kualitas pondasi dan penyusutan

Masalah pengecatan bisa juga timbul karena kualitas cat yang kurang baik. Tidak jarang warna cat memudar atau terjadi pengapuran bila kita memakai cat berkualitas rendah. Bila Anda menginginkan hasil pengecatan sempurna, keduanya – kualitas dinding dan cat – harus sama-sama baik.

Cara Mengecat Interior Rumah Minimalis

Tips Mengecat Interior Rumah Minimalis

Tips mengecat rumah ini ditujukan untuk mengecat rumah minimalis dengan kondisi dinding tembok bermasalah. Berikut ini adalah tipsnya :
Aplikasikan cat dinding rumah Anda dengan warna terang agar ruangan tidak berkesan sempit dan tidak monoton

1. Mengecat Dinding Tembok Belang Seperti Basah

Dinding yang basah dan berjamur ini biasanya timbul karena plesteran atau acian semen belum kering dengan sempurna. Anda dapat menyiasatinya dengan menggosok permukaan lapisan cat dengan amplas agar lebih porous, sehingga air dapat menguap dengan mudah.

Bila jamur telah tumbuh, cucilah dengan larutan kaporit. Setelah kering sempurna baru lakukan pengecatan ulang.

2. Mengecat Dinding Tembok Rumah yang Bergelembung

Permukaan menggelembung biasanya terjadi karena pengecatan dilakukan pada permukaan dinding yang masih basah. Anda dapat memperbaikinya dengan mengerok seluruh lapisan cat dan membersihkannya. Baru setelah itu Anda dapat mencat ulang dinding tersebut.

3. Mengecat Dinding Rumah dengan Lapisan Cat Terkelupas

Banyak hal yang menyebabkan cat mengelupas, antara lain:

  • Pengecatan dilakukan di atas lapisan cat yang sudah mengapur, sehingga daya lekat cat menjadi berkurang
  • Pengecatan dilakukan pada permukaan yang kotor atau berminyak.
  • Menggunakan dempul berkualitas rendah
  • Pengecatan pada lapisan cat lama yang bermutu rendah.


Bila hal ini yang terjadi, Anda harus membuang lapisan cat yang terkelupas dengan mengeroknya sampai dasar permukaan. Bersihkan dasar permukaan yang telah dikerok tadi. Bila perlu berikan lapisan cat dasar sebelum melapisinya dengan cat akhir.

Cara Mengecat Interior Rumah Minimalis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment