Desain Rumah Minimalis Tanpa Genteng

Rumah sebagai hunian pada umumnya memiliki genteng untuk menghalang panas matahari ketika cuaca terik atau air ketika musim penghujan. Denah rumah kali ini Konsep ini mengusung desain rumah minimalis modern tanpa menggunakan genteng.

Pernah melihat rumah dengan atap beton dan bagian depannya tidak terlihat sama sekali menggunakan genteng? Kemungkinannya ada dua yaitu rumah tersebut didesain tanpa menggunakan genteng, dan rumah tersebut memiliki genteng pada bagian atapnya hanya saja disembunyikan di bagian belakang rumah senigga rumah akan terlihat lebih modern tanpa genteng (akan berkesan seperti box house).

Kita akan meninjau segi biaya rumah menggunakan genting dan menggunakan atap beton.
Pada desain rumah menggunakan atap genting membutuhkan konstruksi kolom, pondasi yang sekuat dak beton. bahkan cukup mengandalkan dinding bata saja juga bisa. sedangkan dak beton harus diperhitungkan juga ukuran dan kekuatan kolom dan pondasinya.

Pada dak beton membutuhkan waktu lama karena harus membuat bekisting dan perancah perancah. waktu bongkarnya pun harus meunggu umur betonnya, kira kira 21 hari (umumnya 28 hari baru bisa dibongkar total)

Secara kasar penghitungannya seperti ini :
Misalnya pakai kuda-kuda baja ringan dan genting 
Kuda-kuda baja ringan Rp. 180.000 / m2 + harga genting kira Rp. 15000 / m2 + ongkos tenaga pasang genting (kira kira aja Rp. 15.000 / m2) =  total Rp. 240.000 / m2

Sedangkan untuk beton:
Tebal beton 12 cm, rata dirata rata 17 cm (dengan balok) x harga konstruksi beton bertulang plat lantai Rp 2.500.000 /m3 --------> 0.17 x 2.500.000 / m3 = Rp. 425.000 / m2. Dari sini sudah keliatan lebih mahal harganya, belum ongkos kolom dan pondasinya.

Nah, berikut ini disediakan denah rumah minimalis dengan atap menggunakan genteng ataupun dengan atap beton :


Spesifikasi denah rumah minimalis :
Luas Lahan : 12 x 6 m (72 m2)
Tipe : Minimalis Modern 1 Lantai
Kamar Tidur : 2
Ruang Tamu : 1
Ruang Makan : 1
Kamar Mandi : 1
Dapur : 1

Desain Rumah Minimalis Tanpa Genteng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment