Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah

Rumah termasuk kebutuhan primer manusia. Awalnya fungsi rumah hanya untuk tempat tinggal keluarga. Sekarang fungsinya bertambah menjadi lahan investasi.

Oleh karena itu, butuh pemikiran dan pertimbangan matang saat Anda memutuskan membeli rumah. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari begitu tahu lokasi rumah Anda langganan banjir.

Selain untuk tempat tinggal, rumah juga dapat dijadikan investasi.
Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli rumah yang disarikan dari berbagai sumber:

Lokasi rumah

Anda tentu tidak mau memilih tempat tinggal yang setiap musim hujan banjir? Oleh karena itu, saat mencari rumah, perhatikan lokasinya, apakah termasuk daerah langganan banjir atau tidak.

Perhatikan pula masalah akses ke tempat kerja, ke pusat perbelanjaan, ke sekolah anak dan lalu lintas di sekitarnya. Pilihlah rumah yang aksesnya dekat dengan tempat-tempat tersebut.

Harga

Ketika Anda sudah memutuskan membeli rumah, tentu Anda telah mempersiapkan budget. Carilah rumah idaman yang sesuai dengan saldo tabungan Anda. Lebih enak membeli rumah tanpa harus berhutang, kan?

Yang harus Anda perhatikan pula soal anggaran rumah adalah biaya lain yang dikeluarkan selama proses jual beli. Mulai dari biaya pengurusan akta jual beli, sertifikat hak milik, biaya notaris, biaya balik nama (bila membeli rumah milik orang lain), pajak bumi bangunan dan hipotek (bila ada).

Fasilitas umum yang ada

Lihat secara seksama fasilitas umum yang ada di sekitar rumah. Apakah tersedia tempat peribadatan? Apakah ada lapangan olahraga? Bila Anda memiliki anak, apakah rumah yang Anda taksir dekat dengan taman bermain?

Akan lebih nyaman bila rumah yang nantinya Anda tinggali dekat dengan rumah sakit dan pusat perbelanjaan.

Nilai properti di masa mendatang

Selain untuk ditinggali, rumah juga dapat dijadikan investasi. Oleh karena itu, sebelum menentukan rumah yang dibeli, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang prospek harga jual tanah untuk beberapa tahun ke depan.

Apakah lokasi rumah idaman Anda itu strategis? Apakah rumah Anda itu bebas banjir? Apakah fasilitas umum yang ada di sekitarnya lengkap? Karena kemungkinan besar bila rumah Anda strategis, bebas banjir dan fasilitas umumnya lengkap, nilai jualnya tinggi.

Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment