Konsep Desain Rumah Anti Banjir

Banjir yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah membuang sampah secara sembarangan, membangun rumah di daerah serapan air, penebangan pohon, juga drainase pemukiman yang buruk. Kali ini kami dari tim Rumah Wiki akan memberikan konsep dasara dalam mendesain rumah anti banjir.

Langkah pertama yang perlu dilakukan jika inigin memiliki rumah yang anti banjir adalah menghindari kawasan yang rawan banjir. Sebelum membangun rumah, pastikan area di sekitaran rumah nantinya termasuk kawasan yang mempunyai struktur tanah yang stabil, jauh dari aliran sungai atau sumber air, dan mempunyai ketinggian yang tidak lebih rendah dari akses jalan atau aliran air.

Langkah kedua, bangunlah rumah Anda dengan bangunan fondasi yang kuat dengan memilih bahan bangunan yang baik dan struktur bangunan yang kuat. Usahakanlah ketinggian rumah mendekati 50 centi meter diatas ketinggian akses jalan di depan rumah.

Konsep Desain Rumah Anti Banjir

Langkah ketiga, usahakan dalam membangun rumah, bagian dalamnya lebih tinggi dari bagian halaman. Hal ini untuk mengantisipasi jika curah hujan sangat tinggi dan menyebabkan genangan air di depan rumah. Dengan bagian dalam rumah yang lebih tinggi dibandingkan bagian halaman, resiko rumah terkena genangan air pun makin kecil.

Langkah keempat, buat jarak antara lantai dengan plafon atau bagian langit-langit cukup tinggi. Hindari membangun rumah dengan langit-langit rendah. Jika terjadi bencana air besar, rumah yang mempunyai atap atau langit-langit rendah akan lebih cepat terendam air.

Langkah kelima, buatlah sistem drainase yang baik di rumah Anda dan lingkungan sekitaran Anda. Saat membuat akses jalan, pastikan kawasan hunian juga menyediakan saluran air yang baik. Rawatlah dan bersihkan saluran air ini.

Langkah keenam, hindari melapisi seluruh halaman rumah Anda dengan lapisan semen. Pastikan Anda memiliki area resapan air di sekitar rumah. Misalnya menyediakan ruang kosong untuk dijadikan taman atau kolam ikan. Selain itu Anda juga bisa menciptakan kubang biopori di halaman rumah.

Langkah ketujuh, hilangkan kebiasaan membuang sampah di sungai atau saluran air lainnya. Membuang sampah sembarangan bisa menjadikan aliran air tersumbat sehingga memicu banjir. Selain itu kebiasaan buruk ini juga bisa mencemari sungai.

Konsep desain rumah anti banjir tersebut bisa diaplikasikan pada rumah Anda mulai saat ini. Mungkin tidak bisa menghilangkan banjir akan tetapi bisa meminimalkan resiko banjir atau genangan air yang terjadi ketika curah hujan sedang tinggi.

Konsep Desain Rumah Anti Banjir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment