Tips Praktis Cara Renovasi Interior Rumah

Penampilan rumah yang setiap hari terus dilihat sampai bertahun-tahun penampilannya ya itu-itu saja. Jika Anda menginginkan tampilan rumah lebih segar dan budget untuk alokasi make over rumah tidak terlalu besar, maka Anda bisa memakai cara lain agar ada perubahan tampilan rumah baik itu interior rumah maupun eksterior rumah kesayangan Anda. Berikut ini adalah tips singkat tentang make over interior dan eksterior rumah Anda, kita mulai dari dinding rumah:

1. Make Over Dinding Rumah

Selain menggunakan cat untuk mewarnai dinding rumah, Anda juga bisa memasang wallpaper atau kertas pelapis dinding dengan motif kesukaan Anda ataupun keluarga Anda. Sederhananya lagi, Anda bisa menempelkan wall sticker atau stiker dinding tembok pada beberapa bagian ruangan.

Jika Anda atau anggota keluarga lain suka melukis, tidak ada salahnya jika menuangkan karya pada dinding tembok. Lukislah dinding sesuai dengan tema ruangan, misalnya mobil dan dinosaurus untuk ruang anak, dan gambar buah untuk ruang makan. Anda juga bisa melibatkan sang anak untuk menggambar jejak tangan. Masukkan tangan anak ke dalam cat warna-wani kemudian tempelkan pada bagian dinding yang akan Anda hias.

Jangan lupa untuk mengganti foto-foto yang ada di dalam figura. Jika koleksi foto keluarga cukup banyak tidak ada salahnya mengganti foto dengan yang baru. Atau buatlah semacam kolase yang terdiri dari figura kecil berisi foto-foto yang berbeda. Dalam waktu sekejap, tampilan diding eksterior rumah Anda pun sudah lain dari yang biasanya (usahakan semakin bagus ya, jangan sampe semakin kacau hehe).

Bosen dengan cat dinding rumah yg biasa-biasa saja? Cobain pakai cara ini, bikin cat dinding rumah kamu lebih bertekstur, setelah di cat, kita acak-acak catnya, hasilnya lihat gambar berikut:

Mengecat Dinding Rumah Dengan Cara Unik Tidak Biasa
Mengecat Dinding Rumah Dengan Cara Unik Tidak Biasa

2. Make Over Perabot Rumah

Untuk bagian perabot, kita Anda hanya perlu mengubah posisi perabot dari posisi biasanya. Misalnya adalah dengan menggeser posisi sofa yang biasanya berada di tengah ruangan menjadi di pinggir ruangan. Anda bisa mengakali ruangan agar tampak lebih lapang dengan menyingkirkan perabot yang tidak penting atau dengan menambahkan kaca cermin.

Gantilah taplak meja dan sarung bantal sofa juga. Perubahan ini memang sederhana akan tetapi tampilan rumah Anda akan baru dan lebih ngejreng. Andaikata lapisan kulit sofa sudah lapuk, gantilah dengan yang baru. Bersihkan perabot berukir agar lebih mengkilap warnanya, atau juga Anda bisa menyemprotkan vernish pada perabot kayu ukir Anda.

3. Menghidupkan Suasana Interior Rumah Dengan Tanaman

Suasana interior sebuah rumah akan lebih hidup jika ada tanaman segar ada di dalam rumah. Sederhananya, Anda bisa meletakkan bunga segar di ruang tamu setiap hari. Hal ini dimungkinkan jika Anda hobi berkebun karena bisa memasang hasil panenan ke dalam ruang tamu sendiri. Pilihan lain yaitu kita memasang bunga kering pada ruang tamu seperti bunga edelweiss atau bunga mawar yang dikeringkan, sehingga mampu menciptakan suasana yang wah.

Pilihan lainnya lagi adalah Anda bisa meletakkan tanaman pot misalnya bunga anggrek yang sedang mekar de dalam ruangan untuk ditempatkan pada sudut ruang. Janga lupa untuk memberikan alas pada pot bunga agar bercak noda dari pot bunga tidak mengotori lantai rumah Anda.

4. Mengatur Pencahayaan Rumah

Jangan meremehkan pencahayaan di dalam interior sebuah rumah karena hal ini sering disepelekan. Banyak orang mengambil praktis asal ada lampu listrik maka pencahayaan terang sudah tidak ada masalah. Kita bisa membuat sistem pencahayaan di dalam interior rumah agar lebih berkesan yaitu dengan meletakkan lampu-lampu pada bagian dinding rumah tetapi tersembunyi. Efek backlight dari lampu tersembunyi akan memberikan suasana lebih elegan dan dramatis. Anda juga bisa menambahkan lampu warna-warni sebagai penghias ruangan.

Namun pastikan interior rumah yang mendapatkan pencahayaan unik tersebut bukan ruang yang membutuhkan sinar terang seperti perpustakaan keluarga misalnya. Pada intinya cara make over sebuah rurmah bukanlah sebuah hal yang sulit dan tidak harus menyita biaya besar. Asalkan Anda kreatif dan berani memulai Anda bisa menciptakan suasana baru sesuai keinginan.

Cobalah berani menggunakan gorden yang bermotif batik misalnya, atau menggunakan hiasan rumah yang menggunakan bahan daur ulang contohnya. Tidak perlu takut melakukan kesalahan karena keindahan sebuah rumah merupakan cerminan dari pribadi Anda. Selamat mencoba untuk make over rumah agar tampil lebih elegan. Selamat Berkreasi!


Tips Praktis Cara Renovasi Interior Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment