Tips Merancang Eksterior Rumah Minimalis (Landscape)

Tips merancang desain rumah kali ini akan membahas tentang desain eksterior rumah yang berupa penambahan taman pada rumah kita. Keberadaan eksterior rumah yang berupa taman dan ruang terbuka akan sangat berfungsi sebagai penyeimbang sebuah rumah. Dengan keberadaan taman pada eksterior rumah akan menambah nilai estetika sebuah rumah dan juga sebagai sumber udara segar juga sebagai daerah resapan air, penyaring udara dan debu, maupun penyekat kebisingan yang ditimbulkan dari luar.

Tanaman yang ditempatkan di halaman depan rumah baik minimalis, hendaknya dipilih bentuk, gaya, dan jenis tanaman yang seirama dengan arsitektur rumah minimalis. Jika taman dibuat sesuai dengan bentuk dan design eksterior rumah maka akan tercipta keseimbangan antara desain eksterior rumah dengan taman yang ada, dan hal inilah yang akan menciptakan suasana nyaman, damai, dan juga nilai estetika bangunan akan ikut naik.

Di bagian sisi rumah (baik samping depan, teras ataupun samping kiri kanan) juga bisa dipercantik desain eksteriornya dengan cara menambahkan tanaman gantung jika lahan yangada tidak cukup luas. Anda juga bisa menambahkan tanaman kering (dry garden) yang berupa tatanan batu kerikil dan beberapa pot disertai jenis tertentu yang sesuai dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari, tanaman paku-pakuan misalnya.

Tips Merancang Eksterior Rumah Minimalis (Landscape)
Tips Merancang Eksterior Rumah Minimalis (Landscape)

Sebagai pelengkap estetika sebuah taman sebagai desain eksterior yang menawan adalah dengan menambah sebuah kolam lengkap dengan percikan airnya yang mengalir. Jika dirawat dengan baik dan juga memperhatikan sistem sirkulasi dengan baik, maka suasana kolam yang diselimuti uap air serta suara gemercik air bisa menciptakan suasana sejuk dan menyenangkan. Jika rancangan eksterior rumah minimalis yang berupa taman (landscape) ini kurang memungkinkan untuk diletakkan di depan rumah Anda, maka bisa ditempatkan di belakang maupun samping rumah. Jadi penempatannya fleksibel, yang teropenting adalah menjadikan taman sebagai media istirahat dan juga mempercantik nilai estetika sebuah rumah.

Tips Merancang Eksterior Rumah Minimalis (Landscape) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment