Menciptakan Suasana Baru pada Ruang Interior Dengan Karpet

Pada hari-hari besar umat beragama ataupun ketika menyelenggarakan sebuah pesta, biasanya keluarga yang merayakannya sudah menganggarkan dana untuk mempercantik rumah. Dalam hal ini yang paling banyak dilakukan adalah mengecat tembok dan menata perabotan rumah. Namun ada hal lain yang tak kalah memberikan dampak yang luar biasa dalam memberikan suasana interior rumah yaitu menata karpet.

Dengan adanya karpet, rumah kita akan terasa memiliki suasana baru. Hal ini dikarenakan oleh motif, warna, dan jenis karpet yang sangat beragam. Oleh karena itu sebelum kita melapisi lantai dengan karpet ada beberapa tips yang ingin kami bagikan kepada Anda.

1. TEMA RUANG
Karpet yang dijual dipasaran terdapat berbagai motif terkadang membuat kita bingung memilih. Yang perlu diperhatikan adalah tema atau konsep apa yang akan kita ciptakan pada desain interior rumah kita. Jika kita memilih tema klasik, karpet persia dan sejenisnya akan menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi jika Anda ingin menampilkan kesan klasik modern pilihlah karpet berpola dari Eropa yang tidak terdapat banyak detail.
Menciptakan Suasana Baru pada Ruang Interior Dengan Karpet
Menciptakan Suasana Baru pada Ruang Interior Dengan Karpet

Untuk tema ruangan modern akan tetapi minimalis, kita dapat memakai karpet dengan warna lembut dan bermotif, misalnya adalah motif bergaris ataupun motif kotak-kotak. Selanjutnya, selain tema ruang yang akan diciptakan yang perlu diperhatikan dalam memilih karpet adalah menentukan jenis dan motif karpet.

2. JENIS KARPET
Berdasarkan asalnya, kita mengenal karpet klasik dari India, Persia, Pakistan, Persia, Turki, Eropa, China dan lainnya. Desain karpet Persia pada umumnya menonjolkan motif sulur dan tangkai. Sementara itu, karpet modern yang bersasal dari Eropa, China, Hongkong tidak terlalu fokus pada detail akan tetapi benangnya. Bentuk anyaman benang pada karpet modern ada yang terdiri dari anyaman pendek dan anyaman panjang.

Karpet klasik biasanya diciptakan dengan tangan (hand made) yang berasal dari bahan natural seperti bulu binatang dan serat tumbuhan. Sementara itu, karpet modern yang terbut dari bahan sintetis biasanya diproduksi dengan menggunakan tenaga dan alat mesin.

3. WARNA DAN MOTIF
Untuk mendapatkan keharmonisan atara desain interior ruang dengan karpet, selaraskan warna dan motif karpet dengan warna ruangan yang akan dilengkapi dengan karpet ini. Misalnya adaah rumah klasik dengan nuansa hijau akan lebih cetar membahana jika kita memilih karpet berwarna hijau denga aksen merah. Dengan demikian, satu kesatuan tema yang harmonis akan terbentuk.


Seiring dengan bertambahnya waktu, dewasa ini motif karpet tidak hanya berbentuk kotak dan lingkatan, akan tetapi juga sudah banyak yang berbentuk bunga, binatang, tokoh kartun bahkan desain kontemporer. Jangan lupa untuk mempertimbangkan perabotan yang ada di dalam ruangan. Ruangan yang penuh dengan perabotan akan terasa kurang pas jika menggunakan karpet bermotif penuh warna dan gambar.

Menciptakan Suasana Baru pada Ruang Interior Dengan Karpet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment