Memperindah Estetika Desain Rumah Dengan Batu Alam

Menghias rumah dengan batu alam. Dewasa kini pola hidup masyarakat sudah mulai berubah dari konsep metropolis menjadi konsep back to nature. Hal tersebut didapatkan dari hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa elemen-elemen alam berpengaruh terhadap kesehatan. Manusia selalu rindu kepada alam untuk melepaskan kepenatan hidup dan pekerjaan. Penggunaan batu alam dalam membangun sebuah rumah memang memang selalu menjadi trend yang selalu naik. Penampilan gaya alaminya yang menarik dan kesan yang adem untuk daerah tropis menjadi daya tarik utama batu alam.

Berangkat dari hal tersebut itulah maka muncul trend batu alam yang bisa dimanfaatkan untuk memperindah bangunan, baik interior sebuah rumah maupun eksterior sebuah rumah. Penggunaan batu alam yang diperuntukkan untuk interiorsebuah rumah sebaiknya dipilih warna batu alam yang lembut dan cerah, hindari warna gelap karena akan menimbulkan kesan sempit dan pengap. Namun jika tetap ingin menampilkan batu alam warna gelap sebaiknya jangan dijadikan elemen utama, tapi hanya sebatas hiasan tambahan yang dipasang pada bagian-bagian tertentu dan bukan menjadi bagian dominan. Penggunaan batu alam yang diperuntukkan untuk eksterior rumah harus diperhatikan bahwa batu alam tersebut memiliki daya tahan yang kuat dan tidak terang, terutama terhadap sinar matahari dan hujan. Pilihlah batu alam untuk eksterior yang tidak mudah pecah dan retak, tujuannnya adalah agar sinar matahari tidak menimbulkan efek silau sehingga menjadi tidak nyaman. Untuk lantai dan jalan setapak, gunakan batu alam yang bertekstur kasar sehingga tidak licin ketika dilalui pada saat musim hujan tiba.
Memperindah Estetika Desain Rumah Dengan Batu Alam
Memperindah Estetika
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Jika ingin membuat panduan warna yang menggunakan batu yang berbeda, nuansa yang lebih cantik, dan indah bisa dimunculkan melalui teknik penyusunan batu alam. Misalnya adalah dengan membuat susunan seperti batu bata atau anyaman bambu. Agar lebih dinamis menghindari kesan agak monoton Anda bisa menggunakan batu aneka ukuran dan bentuk yang berbeda, begitu pula jenis dan warnanya juga bisa divariasi sesuai kebutuhan dan selera.

Penggunaan batu alam dengan pilihan dan bentuk yang beraneka macam dan teknik penyusunan yang cantik akan memberikan kesan natural sebuah rumah dengan kesan yang berbeda-beda, misalnya kesan pegunungan, kesan hutan, sungai, persawahan dan lain sebagainya. Batu alam bisa diaplikasikan sangat fleksibel mengikuti gaya bangunan. Desain rumah minimalis banyak mengaplikasikan batu alam dengan pola susun sirih. Desain rumah tropis banyak mengaplikasikan batu alam dengan pola rata. Dengan pemakaian batu alam pada sebuah rumah akan menjadikan rumah tersebut berkesan alami. Warna khas yang didapat dari batu alam memiliki tekstur yang sangat kaya, sehingga mampu membuat terpesona pemilik rumah baik secara visual maupun psikologis.


Tertarik dengan penggunaan batu alam sebagai penghias desain rumah Anda? Jangan lupa pemilihan variasi warna dan teknik penyusunan batu alam. Pasti akan sangat seru dan menyenangkan ya.

Memperindah Estetika Desain Rumah Dengan Batu Alam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment