Desain Rumah Minimalis Modern Tipe 54/115

Jika bentuk dan desain dan bangunan disesuaikan dengan berbagai pertimbangan dalam konsep perencanaan sebagai upaya mengakomodir semua tuntutan kebutuhan setiap penghuni rumah nantinya, maka rumah yang dibangun akan memberikan rasa aman, tenang, nyaman, dan tentram serta membuat penghuninya betah berada di dalamnya. Bagaimana hasil desain rumah Anda? Baik kali ini saya akan memberikan inspirasi desain rumah minimalis untuk ukuran tipe 54/115.

Rumah dengan luas total ruang 54 m2merupakan sebuah ukuran rumah yang belum bisa dibilang sebagai rumah yang besar. Rumah dengan tipe 54 sebenarnya sudah cukup luas untuk keluarga yang memiliki dua orang anak. Inspirasi desain kali ini menghadirkan luas bangunan 54 m2 dan luas tanah yang digunakan adalah 115 m2. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa secara umum keluarga akan tumbuh dan mengalami perkembangan sesuai dengan tuntutannya, oleh karenanya tanah seluas 115 m2 tersebut bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan baik melebar kesamping ataupun depan belakang.

Inspirasi Denah Rumah Minimalis Modern Tipe 54/115 + Desain
Inspirasi Denah Rumah Minimalis Modern Tipe 54/115 + Desain

Berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan, kebutuhan rumah tinggal layak huni ternyata masih mengalami kekurangan, jadi luasan 54 m2 banyak diaplikasikan untuk konsep perumahan yang biasanya dibangun dengan skala yang besar. Pada denah rumah minimalis modern ukuran 54/115 terlihat diatas sangat cocok untuk diaplikasikan pada lokasi perumahan dengan tata letak tertentu.

Dengan desain atap bentuk pelana dengan kemiringan 35o, rumah bergaya minimalis modern ini bisa memperkecil kelembaban udara di dalam ruangan karena akan mempercepat aliran air pada saat hujan. Untuk mengoptimalkan kenyamana ruang yang ada didalamnya, rumah ini dilengkapi dengan bukaan ruang yang berupa jendela yang cukup besar, hal ini memungkinkan sinar matahari masuk dengan leluasa dan memperbesar aliran udara yang keluar masuk rumah.



Gambar diatas sudah terdapat ruang untuk garasi, ruang tidur anak, ruang tidur utama, ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu, dapur, selasar, dan kamar WC. Yang harus diperhatikan dalam desain rumah adalah unsur estetika sebuah rumah karena pada dasarnya keindahan bangunan tidak hanya ditentukan oleh unsur dekorasi saja (misalnya memperindah bangunan dengan menggunakan batu alam), akan tetapi bentuk dan estetika sebuah bangunan rumah bisa ditentukan berdasarkan tuntutan pemenuhan fungsi, penerjemahan konsep, serta keselarasan antara desain dengan kondisi dan keadaan disekitar bangunan rumah.

Desain Rumah Minimalis Modern Tipe 54/115 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment