Desain Interior Rumah Model “Loft” Banyak Digemari

Mengingat semakin padatnya tingkat kebutuhan akan rumah, tingginya harga tanah saat ini, dan terbatasnya lahan membuat kita sering mengidamkan tempat tinggal yang nyaman. Ada juga yang sampai dibela-belain tinggal di pinggiran kota dengan tujuan agar mendapatkan ruang yang lebih longgar.

Nah, sekarang ada sebuah alternatif solusi dengan tetap tinggal di kota untuk mendapatkan lahan yang lebih lapang. Lahan yang terbatas bisa disulap menjadi rumah yang longgar tanpa mengurangi nilai estetika sebuah desain rumah. Caranya adalah seperti yang sudah banyak dicoba oleh masyarakat di perkotaan yaitu dengan mengaplikasikan desain rumah model LOFT, unit apartemen yang terdiri dari dua lantai.

Desain rumah model loft ini pada mulanya berasal dari dataran kota Paris, Prancis pada tahun 1800-an. Konon ceritanya pada saat itu banyak seniman lukis yang memilih studio kerja di rumah dengan desain langit-langit yang tinggi dan berukuran luas sekali. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar dapat memuat hasil karya lukis yang berukuran besar dan cukup memakan tempat itu.

Desain Rumah Model “Loft” Banyak Digemari
Desain Rumah Model “Loft” Banyak Digemari

Bertamabhnya tahun, pada 1940-an seniman hanya mampu tinggal di gudang yang sekaligus menjadi tempat kerja mereka. Dari gaya hidup seniman inilah kemudian muncul konsep LOFT, sebuah multi fungsi untuk memenuhi kebutuhan semua ruang yang diperlukan. 40 tahun kemudian, trend LOFT telah menyebar ke berbagai penjuru kota besar di berbagai negara, digemari banyak anak muda dan keluarga muda di perkotaan.

Desain Interior Rumah Model “Loft” Banyak Digemari

Desain Interior Rumah Model “Loft” Banyak Digemari

Loft memang secara otomats sudah menjadi sebuah hunian yang lapang, nyaris tanpa sekat, sangat fleksibel untuk diganti dengan macam-macam interior dan begitupun juga dengan tata ruangannya. Oleh karena hal ini, maka sangat diperlukan kreativitas dari para penggemar LOFT, misalnya adalah soal pengaturan pencahayaan langit-langit, jendela yang memanjang tinggi dari ujung tembok atas memanjang ke bawah, pemakaian batu bata ekspose pada dinding, sampai dengan pemilihan jenis ubin yang unik dan serasi dengan tema LOFT yang digunakan.

Implementasi LOFT ini sudah banyak diaplikasikan di Indonesia karena loft ini cocok untuk rumah daerah tropis, bisa memanfaatkan cahaya alami sebagai penerang interior rumah, dan sirkulasi udara diatur sedemikian hingga untuk kenyamanan rumah hunian. Pada bahasan sebelumnya sudah saya uraikan tentang bagaimana merencanakan sebuah rumah tinggal. Jika Anda tertarik dengan model desain rumah model loft ini, maka tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan LOFT pada rumah Anda.

Desain Interior Rumah Model “Loft” Banyak Digemari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment