Desain Anak Tangga Untuk Rumah Bertingkat

Jika rumah tinggal Anda merupakan rumah berlantai 2 atau lebih, maka untuk mencapai lantai 2 dibutuhkan sebuah anak tangga. Selain model yang harus enak dilihat, tangga juga harus dibangun menurut fungsinya. Ada bebeapa jenis anak tangga yang bisa diaplikasikan pada rumah Anda, dan bila dilihat dari fungsi dan bentuknya terdapat 5 (lima) jenis anak tangga yaitu sebagai berikut:

1. Tangga Lurus Model I
Anak tangga jenis ini sering dikenal dengan dengan sebutan one wall stair karena bentuknya yang lurus dan pola yang dimiliki sama dari ujung hingga pangkal. Tangga jenis ini membutuhkan lahan yang cukup luas sehingga anak tangga tidak berdiri tegak, namun pada bagian anak tangga bisa dimanfaatkan menjadi ruang tertentu.

2. Tangga Berbelok Arah Model L
Pada bagian tertentu, anak tangga jenis ini memiliki belokan dan biasanya digunakan atau banyak diaplikasikan untuk rumah minimalis dengan lahan terbatas.
Jenis-Jenis Anak Tangga Untuk Rumah Bertingkat
Jenis-Jenis Anak Tangga Untuk Rumah Bertingkat
3. Tangga Bercabang Model Y
Anak tangga yang bentuknya bercabang seperti huruf Y banyak diaplikasikan pada rumah mewah yang memiliki lahan besar. Kesan yang disampaikan anak tangga ini adalah kemewahan dan kemegahan karena bentuk polanya naik dari bawah kemudian bercabang ke kiri dan ke kanan. Selain diaplikasikan pada rumah mewah, tangga model Y biasanya dibangun pada gedung-gedung pentig.

4. Tangga Berbalik Arah Model U
Jenis tangga berbalik arah model U banyak diaplikasikan untuk rumah di Indonesia. Tangga jenis ini pada ketinggian tertentu tidak hanya berbelok akan tetapi berbalik arah. Menariknya adalah tangga model ini tidak membutuhkan lahan seluas model I sehingga cocok juga diaplikasikan untuk rumah minimalis. Selain itu, ruang yang berada dibawah tangga juga bisa digunakan sebagai gudang ataupun kamar mandi.

5. Model Tangga Putar Spiral/ Tangga Putar
Jenis tangga model putar spiral ini cocok digunakan untuk lahan sempit. Tangga spiral biasanya disebut juga dengan tangga putar karena bentuknya yang memiliki pola memutar. Luas lahan yang dibutuhkan biasanya tidak lebih dari 1.5 m2. Banyak diaplikasikan sebagai anak tangga menuju loteng atau tempat untuk menjemur baju.

6. Model Tangga Melingkar

Perbedaan jenis tangga ini dengan jenis tangga putar adalah tangga melingkar lebih mengutamakan nilai estetika. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan nilai artistik setiap tangga yang dibuat. Tangga jenis ini biasanya diaplikasikan pada rumah yang luas dan beratap tinggi. Sebaiknya Anda tidak menggunakan ruang yang berada dibawah tangga dengan fungsi apapun agar nilai estetika anak tangga tidak hilang.

Desain Anak Tangga Untuk Rumah Bertingkat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment