Bagaimana: Memilih Oven Atau Microwave ?

Perlengkapan rumah tangga yang satu ini biasanya diletakkan di area dapur sebuah rumah. Baik oven mupun microwave digunakan sebagai alat panggang, keduanya bekerja dengan suhu tinggi meskipun terdapat perbedaan pada kedua alat masak tersebut. Lalu Anda lebih memilih oven atau microwave, praktis mana antara oven dan microwave?

Kita simak perbedaan microwave dari berbagai sisi sebagai berikut:

1. Fungsi dan Cara Kerja
Pada dasarnya, oven digunakan unruk memanggang makanan hingga matang. Kue dan masakan ayam panggang adalah dua contoh masakan yang sering dimatangkan dengan oven. Sementara itu, microwave walau bentuknya mirip oven, hanya dapat digunakan untuk memanaskan makanan, tidak untuk mematangkan.
Bagaimana: Memilih Oven Atau Microwave ?
Bagaimana: Memilih Oven Atau Microwave ?

Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi, kini telah tersedia convection microwave. Jenis microwave ini tidak hanya mampu memanaskan makanan tetapi juga dapat berfungsi sebagai oven yang dapat membuat makanan menjadi matang. Walaupun relatif boros listrik, perankat ini tidak membuat perabot lain yang digunakan menjadi cepat kotor.

Untuk memasak makanan, oven bekerja menggunakan energi panas. Energi tersebut berasal dari listrik, gas, atau bahkan kompor minyak. Panas yang dihasilkan tersebut disebar melalui elemen pemanas yang terdapat pada oven.

Bedanya, Microwave adalah alat pemanas yang yang bekerja menggunakan tenaga listrik dan menghasilkan gelombang mikro. Molekul mikro yang dihasilkan tersebut akan bergerak dan saling menumbuk sehingga makanan yang ada di dalamnya menjadi panas.

2. Daya Konsumsi Listrik
Kebanyakan oven yang beredar saat ini menggunakan daya listrik sebagai sumber energi. Perekmbangan teknologi menjadikan konsumsi listrik yang dibutuhkan oven kian sedikit. Meski demikian, total daya listrik yang dibutuhkan memanggang lebih besar. Hal ini berbanding lurus dengan waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan makanan.

Meskipun daya listrik yang dibutuhkan cukup besar, microwave lebih hemat karena waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan makanan relatif singkat.

3. Model dan Ukuran
Dilihat dari model atau jenis microwave maupun oven, saat ini sudah terdapat oven yang diatasnya dilengkapi dengan kompor sehingga perangkat ini memiliki fungsi ganda. Selain itu, tersedia oven tanam (pemanggang yang menyatu dengan kitchen set) sehingga alat ini terlihat rapi dan kompak. Ukuran oven pada umumnya lebih besar dari microwave.

Berbeda dengan oven, microwave adalah alat terpisah dari perabot terpisah dari perangkat lainnya. Ukurannya pun umumnya lebih kecil daripada oven, 20 sampai 30 liter.

4. Hasil Panggang
Bahan makanan yang dipanggang di dalam oven hasilnya lebih renyah dan merata dibandingkan dengan microwave. Sedangkan pada microwave, karena panas yang dihasilkan berasal dari molekul makanan yang ada didalamnya, kadar air yang terdapat pada makanan akan terserap sehingga menjadikan makanan lebih kering dan enak renyah.

Bagaimana: Memilih Oven Atau Microwave ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment