Aneka Alat Masak dan Cara Memilihnya

Hidangan yang tersaji di meja makan selain nikmat juga harus mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karenanya hal tesebut haruslah didukung dengan pemilihan alat masak atau piranti dapur yang memadai. Salah satu jenis perangkat masak yang sekarang ini ngetren dan banyak dijumpai dan dipilih oleh ibu-ibu rumah tangga adalah piranti masak yang berbahan Poli Tetra Flouro Etilena (PTFE). Alat masak ini memiliki sifat anti lengket dan mudah untuk dibersihkan.
Aneka Alat Masak dan Cara Memilihnya
Aneka Alat Masak dan Cara Memilihnya

Ketika kita mengolah bahan makanan dengan bumbu kecap atau bumbu lainnya yang dapat menyebabkan lengket di sejumlah alat masak, Anda tidaklah perlu khawatir karena bumbu-bumbu tersebut tidak akan menempel di permukaannya. Begitu juga ketika akan menggoreng telur. Telur yang digoreng akan dapat dinikmati seutuhnya tanpa ada yang tersisa di permukaan wajan atau tempat penggorengan tersebut.

Menggunakan alat dapur anti lengket juga bisa menghemat pengeluaran karena minyak yang digunakan untuk menggoreng relatif lebih sedikit. Selain tidak menyebabkan lengket, panas yang ada di permukaan dapat tersebar secara merata.

Berkaitan dengan bahan yang digunakan sebagai perabot masak, belakangan ini semapt beredar isu bahwa perabot atau alat dapur berbahan aluminium dapat memicu penyakit alzheimer. Tidak hanya sampai disitu saja, alat masak berlapis anti lengket tersebut disebut-sebut dapat memicu terjadinya penyebab kanker. Namun, sebelum melakukan langkah preventif dengan membuang perabot masak tersebut, ada baiknya kita mencari informasi lebih lanjut tentang isu tersebut.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa perabot masak dengan bahan dasar aluminium ternyata tidak ada hubungannya dengan penyakit alzheimer. Hal ini karena kebanyakan perabot dapur yang menggunakan bahan dasar aluminium ataupun logam lainnya telah dianodisasi sehingga dapat mencegah unsur logam masak bercampur dalam masakan. 

Contoh lainnya adalah perabot masak yang yang berbahan dasar tembaga. Perabot masak yang berbahan tembaga memiliki sifat menghantarkan listrik memang dapat masuk kedalam masakan dan menyebabkan masalah pencernaan. Namun, perabot berbahan dasar tembaga yang dijual dipasaran biasanya telah dilapisi baja nirkarat sehingga aman digunakan. 

Dari penjelasan tersebut, bagaimana kita menyikapi panci atau wajan antilengket yang disebut-sebut sersifat karsinogenik? Alat masak anti lengket akan berdampak negatif apabila lapisannya telah rusak.

Aneka Alat Masak dan Cara Memilihnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment