Inspirasi Design Ruang Kerja Minimalis

Ini adalah tentang inspirasi design ruang kerja minimalis. Setuju gak sih kalo bekerja dirumah lebih produktif, secara lebih tenang begitu? Yak tol! Saya juga setuju, namun umumnya area kerja di rumah belum masuk perhitungan, terlebih lagi pada lahan yang terbatas alias sempit. TERNYATA tidak perlu kamar khusus untuk dijadikan ruang kerja. Dengan memanfaatkan sudut area yang tidak terpakai dan sedikit polesan disana sini, ruang kerja bisa tercipta.
Design Ruang Kerja Minimalis
Design Ruang Kerja Minimalis
Mau tahu caranya? Berikut adalah isnpirasi yang dapat disimak dalam melakukan design ruang kerja minimalis.
1.  Jeli Melihat Celah. Jika ada sudut kosong terbengkalai, maka “sulaplah” menjadi ruang kerja. Misalnya di area peralihan antar ruang, arae kosong dibawah tangga (jika ketinggiannya cukup), atau di salah sati sudut ruang keluarga.
2.  Selanjutnya adalah menata sudut tersebut agar nyaman untuk bekerja. Meja komputer bisa dimodifikasi sesuai dengan luas lahan yang tersedia. Atau gunakan meja biasa dan tambahkan rak atau tambalan di dinding untuk meletakkan buku, dokumen serta peralatan alat tulis kantor.
3.    Dewasa ini ambalan pun banyak tersedia di toko bahan bangunan modern yang bisa dipilih sesuai bentuk, selera, dan kebutuhan maupun warnanya. Sesuaikan dengan design rumah secara keseluruhan, nuansa ruangan, agar tetap terasa harmoni.
4.      Meski tidak dianjurkan, banyak orang menyatukan ruang kerja dengan ruang tidur. Jika ini yang ingin Anda terapkan sebaiknya buat area pemisah secara jelas agar kenikmatan relaksasi dan tidur tidak terganggu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tirai dekoratif yang sekaligus bisa menjadi aksen dalam kamar. Bila memnungkinkan buatlah partisi kecil selebar ukuran meja dan tingginya sesuai dengan kondisi kita saat duduk. Dengan demikian kamar pun tidak terlihat terlalu penuh, tetapi tetap terdapat pemisah yang jelas.
5.    Jangan lupakan pencahayaan. Yang terbaik adalah mendapatkan pencahayaan alami di siang hari. Pencahayaan di ruang kerja ini bisa terbagi antara lampu meja, penggunaan pencahayaan setempat dengan arah sinar dari ambalan di atas meja kerja juga bisa diterapkan. Pastikan jatuhnya sinar lampu tidak jatuh tepat kearah buku yang sedang dibaca atau arah komputer karena akan menyilaukan mata. Pilihlah kursi yang mampu menopang tubuh dengan bail khususnya bagian punggung bawah demi kenyamanan.

Demikian tips inspirasi design ruang kerja minimalis jika Anda melakukan kerja di rumah. Silahkan caba juga tips bekerja dari luar kantor atau dari rumah. Semoga bermanfaat.

Inspirasi Design Ruang Kerja Minimalis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment