Pemilihan Warna Interior dan Eksterior Rumah

Setelah memilih dan menentukan jenis material rumah, kini saatnya pemilihan warna interior dan eksterior rumah tinggal. Pemilihan warna interior (ruang-ruang) dan warna eksterior (fasade) merupakan hal yang penting karena dengan memilih warna ruang maupun fasade yang sesuai dengan fungsinya akan membawa banyak manfaat yang berujung pada kenyamanan dan membuat penghuninya betah. Selain berperan memeberikan kenyamanan dan ketenangan, pemilihan warna cerah seperti warna putih, kuning, maupun krem pada ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan atau ruang lainnya akan memberikan kesan bersih, lapang, serta luas. 

Padukan warna-warna material untuk lantai, dinding, plafon (ceiling), dengan tatanan warna yang terang dan serasi agar bisa tercipta kesan yang nyaman, tenang dan bersih serta lapang. Untuk ruang-ruang yang digunakan bersama (misalnya: ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan), gunakan warna yang cerah dan hangat serta hindari warna yang gelap, karena akan menambah kesan sempit dan pengap.

Anda bisa menambah kesan terang dan luas pada suatu ruang dengan meninggikan plafon (langit-langit), mewarnai plafon dengan warna netral (putih). Dilanjutkan dengan memadukan pilihan warna dinding dan lantai yang bertipe lembut seperti biru muda atau hijau muda agar memberikan kesan luas dan memudahkan pemilihan dan penataan perabot. Adapun untuk memciptakan harmonisasi ruang dan fasade bangunan, Anda bisa menggunakan beragam warna sebagai unsur aksentuasi sesuai dengan tema atau nuansa arsitektur yang ingin Anda hadirkan. Berikut ini adalah gambar ruang tamu dengan pemilihan warna lembut.
Pemilihan Warna Interior dan Eksterior Rumah
Pemilihan Warna Interior dan Eksterior Rumah
Jika Anda memanfaatkan warna yang sifatnya cerah tetapi redup, maka Anda bisa menggunakannya untuk ruang tidur (misalnya pada: ruang tidur utama, ruang tidur anak, ruang tamu). Hal ini akan sangat bermanfaat karena kamar tidur utama biasanya banyak digunakan pada malam hari sehingga perlu suasana yang nyaman dan tenang. 

Bagi Anda yang memiliki balita, dinding ruang tidur untuk anak balita Anda bisa dicat dengan warna-warna primer yang cerah dan menyala misalnya warna biru, merah dan kuning. Hal tersebut dimaksudkan agar bisa memberikan suasana keceriaan dan bersifat menarik mengingat pada usia tersebut merupakan usia pertumbuhan bagi anak yang membutuhkan rangsangan kreatifitas. 

Pemilihan Warna Interior dan Eksterior Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment