Membuat Etalase Interior Rumah

Ini adalah tentang membuat etalase koleksi di rumah. Anda mempunyai segudang hiasan dari kristal, tetapi tak tahu akan diletakkan dimana? Apakah Anda mempunyai puluhan sepeda jadul (jaman dulu) yang menumpuk di gudang dan terabaikan? Mungkin juga Anda memiliki botol-botol parfum yang memenuhi meja rias dan mengganggu saat berdandan? Mari kita simak artikel yang kami masukkan dalam design interior modern berikut ini.
Barang-barang yang Anda koleksi bisa jadi termasuk barang langka dan tidak mudah diperoleh. Namun jika dibiarkan saja, debu yang menempel bisa membuat benda-benda koleksi menjadi kotor. Resiko jamur pun bisa muncul jika Anda tidak teliti dalam menyimpan dan ruangan memiliki tingkat kelembaban tinggi.
Membuat Etalase Koleksi di Rumah
Membuat Etalase Koleksi di Rumah

Sebenarnya, langkah menyimpan koleksi cukup sederhana. Anda bisa meletakkannya dalam wadah khusus, dengan catatan benda-benda tersebut berukuran kecil. Misalnya dalah dengan menyimpan dalam kotak khusus jika Anda gemar mengoleksi cincin. Sebaliknya, gunakanlah ruangan kosong jika koleksi Anda cukup banyak dan berukuran besar (misalnya: sepeda antik dan mobil antik).
Tidak sekedar menyipan, Anda pun perlu mengetahui karakteristik benda koleksi yang disimpan. Misalnya untuk menyimpan parfum, lokasi yang Anda pilih adalah yang tidak terkena sinar matahari langsung agar minyak wangi tidak mudah rusak, kering dan tidak lembab, serta aman dari guncangan agar parfum tidak mudah jatuh dan pecah.
Ma Pa Kim misalnya, pengusaha asal Medan ini mengaku mempunyai lemari kaca khusus untuk menyimpan kamera koleksinya. Karena lensa kamera rawan jamur, ia rutin merawat dan membersihkan kamera-kamera. Hasilnya, banyak kameranya yang masih dalam kondisi baik meskipun berumur puluhan tahun. Kamera-kamera tersebut bahkan masih bisa digunakan untuk memotret dan hasil jepretannya pun bagus.
Sri lain lagi. Karyawati yang berdomisili di Bekasi ini menyimpan koleksi kalung dan gelang di tempat penyimpanan khusus tanpa perawatan lebih. Tempat penyimpanan itu dilengkapi dengan kait-kait sebagai tempat untuk menggantungkan kalung dan gelang yang tidak terbuat dari emas.
Untuk perhiasan, cara penyimpanannya memang beragam. Anda bisa menyimpan perhiasan dalam bentuk gantungan seperti yang dilakukan Sri atau membuat kreasei gantungan sendiri. Misalnya adalah dengan membuat semacam “pohon aksesoris”. Caranya adalah dengan memasukkan sepotong ranting kedalam botol kaca. Pada ranting tersebut, Anda bisa menggantungkan kalung atau aksesoris yang lain. Selain itu, Anda bisa menempatkan pada wadah khusus seperti mangkuk kristal untuk koleksi gelang.
Anda juga perlu merawat benda-benda koleksi. Paling tidak seminggu sekali keluarkanlah koleksi Anda dari tempat penyimpanannya. Bersihkan dengan teliti. Jika Anda tidak cermat merawat, benda koleksi bisa rusak dan aus. Sebagai contoh, jika malas merawat tas yang terbuat dari kulit, jangan heran Anda dapat menemukan tas-tas kulit tersebut berjamur dan terpaksa harus dibuang.
Koleksi Anda mungkin tidak berharga bagi orang lain, namun benda-benda tersebut bisa menjadi kenangan akan sebuah lokasi, bernilai sejarah, langka, atau mengingatkan Anda pada peristiwa-peristiwa hidup yang berarti. Jadi, sebaiknya perhatikan benda-benda koleksi Anda, terlebih lagi jika benda-benda tersebut mengingatkan Anda pada berbagai macam kenangan.

Demikian artikel membuat etalase koleksi di rumah saya tuliskan untuk Anda, semoga menjadi inspirasi dan ide kreatif Anda untuk membuat etalase yang menarik.  

Membuat Etalase Interior Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Moch Saiful Umam

0 comments:

Post a Comment